Tuesday, May 19, 2009

Bubur Kacang Ijo Madura

Bubur kacang ijo Madura ini salah satu kesukaannya aku, dulu... waktu aku SMP aku pernah tinggal di daerah Ampel Boyolali Jawa Tengah, nah tiap malem di daerah itu dijual Bubur Kacang Ijo Madura ini, yang bikin aku ketagihan... bubur ini beda dari yang lain... penyajiannya komplit... ada roti, ketan item trus pake es, pake sirop, pake susu kental manis, pokoknya komplit...

Lumayan lama deh aku ngidam ni bubur sampe akhirnya ketemu resepnya di mba Ayin Norway... duh seneng banget deh... langsung aku bikin... wuah lumayan mengobati kangennya aku sama ini bubur, rasanya mantep banget... serasa beli di tempat aslinya... Makasih yaa mba Ayin... :-)

Bubur Kacang Ijo Madura
Source: Ayin



Bahan:

Bubur Kacang Ijo:
100gr Bubur Kacang Ijo, rendam selama 2 jam
1 lembar Daun Pandan
1cm Jahe memarkan
2sdm Gula merah
1/4 sdt garam
Air secukupnya

Bubur Ketan Item:
100gr Ketan hitam, rendam selama 2 jam
1 Lembar daun pandan
1/4 garam
Air secukupnya

Kuah Santan:
400ml santan kental
200ml air
1 lembar daun pandan
1/4sdt garam


Saus Kental:
3sdm Air Rebusan Ketan Hitam (atau bisa juga pake essense Frambose)
100ml air
1sdm Tepung Maizena
2sdm Gula Pasir

Pelengkap:
Roti Tawar, Potong sesuai selera
Susu Kental manis
Sirup Prambozen atau Sirup Pisang Susu

Cara Membuat:
-Bubur Kacang Ijo: Rebus semua bahan bubur kacang ijo sampai empuk, sisihkan
-Bubur Ketan Item: Rebus Semua bahan Bubur Ketan Item sampai empuk, sisihkan
_Didihkan santan dengan daun pandan, garam, dan air, sambil terus diaduk, jaga jangan sampai santan pecah, sisihkan
-Saus kental: Rebus Air bersama air rebusan ketan hitam lalu kentalkan dengan tepung maizana

Cara Penyajian:
Dalam mangkuk, beri bubur kacang ijo, bubur ketan item, guyurkan santan, beri potongan roti tawar, beri es batu, tambahkan saus kental, sirop dan susu kental manis, sajikan segera

No comments:

Post a Comment