Thursday, November 19, 2009

Cap Jay Semarang

Aku nemu resepnya dari Cie Ine Elkaje, bener2 lho kenangan banget masakan ini, mamaku sendiri ga pernah masak masakan ini padahal... :-))

Cap jay Semarang ini makanan kenangan aku banget, dulu waktu aku daftar SMU di Semarang, aku dianter sama alm Papaku, trus testnya sampe agak malem gitu jam 7-an, hujan lagi, dideket sekolahan ada tante-tante jualan capjay, mie sama bihun, aku sama Alm papaku pesen capjay, enaaaak banget capjaynya... hujan-hujan gitu... kita makannya sambil ngobrol duh... jadi sedih deh... hiks... I miss him very much... hiks...

Makanya pas makan masakan ini aku seneng banget.... sambil bayangin makan sama papaku seperti dulu... hiks hiks...

Cap cay Semarang ini beda dari cap cay yang dijual di Jakarta, salah satu ciri khasnya yang membedakan dengan cap cay Jakarta yaitu, pake kecap manis dan kekian tiruan *kalau kata ci Ine*. Bagi yang nggak suka manis, kecapnya bisa dikurangi.

Cap Jay Semarang
Source: Ine Elkaje



Bahan:
Kekian Tiruan:
150gr Tepung Terigu
1 butir telur ayam
1 siung bawang putih, uleg halus/ parut dengan parutan keju
1/4sdt garam
30cc air

Bahan Sayur:
5Lembar kol buang belulang daunnya, potong-potong
1 ikat sawi hijau atau Caisim, potong-potong
2bh Wortel, iris serong tipis
2btg daun bawang, potong 2cm
3btg daun seledri potong 2cm
2 siung Bawang putih geprek
2sdm minyak goreng
1sdm kecap asin
3sdm kecap manis
Garam, gula, merica secukupnya
300cc Air atau kaldu ayam

Cara Membuat:
-Kekian Tiruan:
Aduk Jadi Satu bahan kekian tiruan. Setelah rata, goreng dalam minyak banyak. Caranya, ambil 1 sdm adonan, lalu masukkan dalam minyak goreng hingga kuning kecoklatan. Setelah selesai potong-potong serong.
- Tumis bawang putih hingga harum masukkan semua sayuran, bumbu dan air masak hingga bumbu meresap dan sayuran matang, masukkan kekian tiruan, aduk hingga rata, Matikan api.
- Sajikan Hangat

2 comments:

  1. Blognya bagus kebetulan saya lagi nyoba resep kekian tiruan 30 cc air itu sama dengan berapa ya mbak

    ReplyDelete
  2. Mbak, tu namanya capjae jowo (solo jogja), bukan semarang. Kalo di Solo Jogja capjae mesti begitu, bukan capjae versi kuah n sayur ala china pada umumnya. Justru di semarang capjae banyak yang versi china. Kebetulan gw orang solo jogja, jadi tau. Di surabaya, jakarta etc, emang jarang capjae jowo

    ReplyDelete